Wednesday 17 October 2012

SPHERE




Sphere, satu karya lain dari Michael Crichton dan menjadi koleksi AzkaLibrary. Crichton maestro novel yang menelurkan ‘Jurrasic Park’ dan ‘The Lost world’ yang sukses besar. Kali ini kita menengok satu karya lainnya, Sphere yang dalam bahasa Indonesia diartikan dengan ‘Bola Asing’

Alkisah, seorang psikolog andal. Norman dipanggil oleh AL AS (US Navy) untuk datang ke laut pasifik. Ia menyangka dibutuhkan untuk kasus kecelakaan pesawat. Ternyata, ia memang menyediliki sebuah kecelakaan pesawat. Tapi yang mengejutkan, bukan pesawat biasa yang jatuh melainkan sebuah pesawat ruang angkasa maha besar. Pesawat itu didapati karam didasar samudera dan diperkirakan berusia 3 abad dan anehnya masih utuh.

Disinilah kisah berputar. Norman dibawa ke fasilitas bawah laut milik AL. disana ternyata ia tak sendiri tapi ditemani oleh beberapa ilmuwan yang dtugasi untuk mempelajari pesawat yang karam itu. Di awal kisah, pembaca diajak untuk penasaran pesawat darimanakah itu. Apakah pesawat alien dan berasal dari luar tata surya. Jawabannya terjawab tak lama kemudian. Ternyata pesawat itu berasal dari bumi..dari masa depan…

Sphere, boleh dikata buku yang cukup berat. Mesti menelaah untuk mencernanya. Kita lumayan asyik diajak belajar fisika oleh Crichton dengan beberapa teori, diantaranya tentang ‘Lubang Hitam’ dan beberapa rumus matematika. Ukuran pesawat yang luar biasa (800 meter) lumayan membuat kita berantasy, sebesar dan semegah apakah pesawat itu. Pesawat itu diperkirakan telah masuk ke lubang hitam dan membawa pulang benda asing, Sphere alias bola asing.

Bola asing itulah yang kemudian menjadi biang kerok permasalahan yang timbul karena mampu mempengaruhi pikiran orang-orang dan mampu mendatangkan efek negatif dan merusak. Sebenarnya, tema lompat waktu, cukup riskan diusung oleh Crichton. Karrena bagaimanapun, teori lompat waktu adalah teori yang sangat tidak masuk akal dan tak mungkin terjadi. Tapi, untung saja kita mampu untuk mengesampingkan hal itu karena kita disibukkan dengan kisah Norman dan teman-temannya yang menyelidiki bola asing itu.

Bagi yang ingin relaks, buku ini direkomendasikan. Tapi kalau sedang banyak pikiran dan ingin lari dari kesibukan kantor, jangan ambil buku ini karena buku ini cukup memeras otak kita. Buku ini juga diangkat ke layar perak dengan bintang Dustin Hoffman. Secara garis besar, AzkaLibrary me-recommended ‘Sphere’ untuk komunitas pembaca Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Dari Denpasar ke Surabaya..JT805 LNI