Wednesday 19 April 2017

Empat Novel Enid Blyton yang berkesan di Masa Kecil

Enid Blyton..adalah seorang pengarang buku cerita anak yang berkebangsaan Inggris. Buku-buku karangan Enid Blyton banyak berkisah tentang petualangan anak-anak dan hewan peliharaannya. Saat menjalani masa kecil saya di tahun 80-an, kisah-kisah dari buku karangan Enid mewarnai hari-hari saya dan hal itu berkesan sampai dengan saat ini. Kenangan atas petualangan 'Lima Sekawan' yang menginspirasi kami disaat itu untuk bermain blusukan di lorong-lorong. Saat ini buku karangan Enid telah berpuluh kali di cetak ulang dan masih menjadi kegemaran anak-anak.

Diantara buku-buku karangannya, ada empat judul buku yang dekat dengan saya. Karena pada masa kecil, empat judul buku ini menjadi bahan bacaan yang paling saya sukai.

SAPTA SIAGA


Serial ini berkisah tentang klub detektif yang beranggotakan 7 orang. Peter menjadi ketuanya. Awalnya anggotanya hanya dua yaitu Peter dan adiknya Janet. Mereka infin membentuk sebuah klub rahasia, belakangan lahirlah Serikat Sapta Siaga dimana anggota seluruhnya ada tujuh anak. Kisah Sapta Siaga juga seru dengan petualangan memecahkan berbagai misteri. Kisah mereka juga diramaikan oleh sosok anjing lucu, Skippy namanya. Enid memang sering melibatkan hewan peliharaan di setiap kisah karangannya.

Secara berkala, Sapta Siaga sering mengadakan rapat yang dilakukan di sebuah gudang tak terpakai. Untuk menjaga keisengan anak-anak lain dan untuk menjaga bahwa hanya anggota klub saja yang bisa melakukana rapat, maka setiap rapat akan dilakukan mereka menetapkan kata sandi yang harus diucapkan saat akan memasuki gudang. Bila ada anggota yang tidak tahu atau lupa dengan kata sandinya, maka ia tidak bisa mengikuti rapat mereka.

Total ada 15 judul buku yang berkisah tentang petualangan mereka. Tidak seperti seri-seri lainnya, petualangan Sapta Siaga dilakukan di hari-hari biasa alias bukan saat waktu liburan seperti kisah-kisahnya 'Lima Sekawan'. Usia mereka juga rata-rata lebih kecil dibandingkan dengan seri-seri Enid yang lainnya.

KOMPLOTAN

Komplotan adalah kisah petualangan remaja. Anggota kelompok ini ada empat orang, Barney dengan monyetnya Miranda, Roger, Diana adik Roger dan sepupu mereka Snubby dengan dengan anjingnya yang bernama si Sinting. Kisah mereka cukup menarik dan lebih berat dibanding seri lainnya. Karakter nya juga beragam. Diana yang perasa, Barney yang wibawa (usianya paling tua 15 thn), Roger yang hati hati dan Snubby yang slebor dan sok tahu.

Enid menelurkan 6 judul saja untuk serial ini. Ditulis sekira tahun 1949-1959. Kisah petualangan mereka cukup seru dan lucu. Apalagi dengan dengan kehadiran si Sinting dan Miranda yang membawa warna dlam cerita-cerita mereka.




PETUALANGAN

Seri 'Petualangan" adalah karya lain dari Enid. Berkisah tentang kisah dari 4 remaja kakak adik, Dinah dan Philip Mannering serta Jack dan Lucy-Ann Trent. Seperti 'Komplotan' cerita-cerita dalam kisah 'Petualangan' juga lebih berat. Pun dengan jumlah halaman, 'Petualangan' lebih tebal dibanding dengan yang lainnya.

Latar kisah merekapun beragam tidak hanya bersetting di kota atau disekitarnya, tetapi tempat-tempat yang berbeda. di pegunungan, di laut atau juga diatas kapal. Dalam aksi mereka, terkadang mereka dibantu oleh Bill detektif dewasa yang menjadi partner di beberapa kasus mereka.

karakter hewan tetap hadir dalam seri ini. jack memiliki seekor burung kakaktua yang bernama Kiki.


No comments:

Post a Comment

Dari Denpasar ke Surabaya..JT805 LNI